Mahasiswa FDK UIN Refah Juara PIONIR Tingkat Nasional
FDK UIN Refah

By Ricky Dwi Pangestu 12 Agu 2019, 09:18:05 WIB Mahasiswa
Mahasiswa FDK UIN Refah Juara PIONIR Tingkat Nasional

Alfiansyah (Alfi), Mahasiswa Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN Refah), berhasil menjuarai kegiatan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX PTKIN Tahun 2019 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

“Alhamdulillah, saya dapat juara untuk cabang lomba Puitisasi Al-Quran. Saya menyabet juara 3 PIONIR tingkat nasional,” kata Alfi, di lantai 2 FDK UIN Refah, Palembang, Rabu (24/7/2019).

Alfi mengatakan, menjuarai PIONIR tingkat nasional membuatnya terkejut, Alfi tidak menyangka bisa menjuarai PIONIR ke IX di cabang lomba Puitisasi Al-Quran. Padahal, ketika kejuaraan PIONIR dimulai, peserta dari PTKIN yang lain sangat bagus dan punya kualitas puisi yang sangat baik.

Dalam kategori seni cabang lomba Puitisasi Al-Quran, Alfi membawakan puisi dari beberapa surat yang ada di Al-Quran, seperti, Surat As-Syam, Al-Insiroh, Al- lahab, At-Tin dan lain sebagainya.

“Dibabak penyisihan, saya membawakan puisi dari surat As-Syam, dan surat pilihan Al-Lahab. As-Syam kan membahas tentang matahari yah, jadi puisinya saya kembangkan saja dari surat tersebut,” tambah Alfi.

Selain itu, sebelum Alfi pergi mengikuti kejuaraan PIONIR di Malang, Alfi mengikuti tahapan seleksi berkas terlebih dahulu. Karena berkas yang diberikan Alfi banyak menorehkan prestasi di tingkat nasional, maka dipilihlah Alfi sebagai salah satu peserta yang mewakili UIN Refah di PIONIR PTKIN Malang.

“Tanggapan pimpinan kampus sangat mengapresiasi sekali terhadap piala yang sudah saya peroleh, tidak hanya pimpinan kampus, sesama peserta PIONIR dari UIN Refah sangat bangga dengan prestasi yang saya peroleh,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Ria Indah Diani atau Ria, Mahasiswa Prodi Jurnalistik FDK UIN Refah mengatakan, ketika mendapat kabar mengenai Alfi yang menjuarai PIONIR PTKIN di Malang, Ria mengaku bangga dengan Alfi.

“Saya sangat bangga dengan Alfi, selain membawa nama UIN Refah berjaya di tingkat nasional, karena satu jurusan dan berteman dengan Alfi yah pasti bangga punya teman yang berprestasi,” kata Ria, Palembang, Rabu (24/7/2019).

Ria menambahkan, selain mengharumkan nama UIN Refah, Alfi berhasil membanggakan nama Prodi Jurnalistik dan nama Fakultas FDK di UIN Refah. Dari Alfi, mahasiswa akan melihat bahwa di FDK banyak mahasiswa yang berprestasi di tingkat nasional.

Selain itu, semoga prestasi yang diperoleh Alfi dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa lain agar berprestasi dengan bakat dan potensi yang mereka miliki. Alfi harus terus berprestasi di lomba-lomba yang akan datang, yang pasti harus juara.

“Harapannya semoga Alfi bisa melanjutkan prestasinya di lomba yang berikutnya dengan hasil yang optimal dan bisa terus menang,” ujar mahasiswi kelahiran Palembang tahun 1999 ini.

Ria memang yakin terhadap kemampuan Alfi dalam pembacaan puisi, ketika membaca puisi Alfi sangat menguasai dan mendalami setiap kata yang diucapkan. Selain mendalami, Alfi juga sudah banyak prestasi dalam bidang puisi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment