Prodi Managemen Dakwah FDK UIN Refah Raih Akreditasi B
FDK UIN Refah

By Ricky Dwi Pangestu 12 Agu 2019, 09:18:36 WIB Kampus
Prodi Managemen Dakwah FDK UIN Refah Raih Akreditasi B

Ketua Program Studi (Kaprodi) Managemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN Refah), Candra Darmawan, M.Hum atau Candra mengatakan, peningkatan akreditasi B di Prodi MD merupakan cita-cita bersama.

“Kalau kita lihat dari akreditasi, yah kita lihat dari akreditasi dulu yah, peningkatan akreditasi yang sebelumnya tidak ada, menjadi akreditasi B adalah cita-cita bersama dari Prodi MD FDK UIN Refah,” kata Candra, di lantai 2 FDK UIN Refah, Palembang, Rabu (24/7/2019).

Candra menambahkan, Prodi MD memang serius untuk meningkatkan akreditasi, dari Kaprodi sampai Sekretaris Jurusan (Sekjur) MD, selalu menanamkan pada setiap diri masing-masing bahwa akreditasi di prodi harus yang terbaik.

Prodi MD tergolong jurusan yang baru di FDK UIN Refah, izin Prodi MD Agustus 2015 dan baru menerima mahasiswa Juni tahun 2016. Sampai sekarang mahasiswa di Prodi MD baru memasuki angkatan yang ke 3 dan belum ada lulusan.

“Tetapi, walaupun demikian kami tetap punya keinginan besar, bahwa walaupun masih baru belum ada lulusan, kita berkeinginan agar akreditasi di Prodi MD adalah akreditasi yang terbaik,” ujar Candra.

Candra menjelaskan, selaku Kaprodi MD, Candra selalu memotivasi teman-teman yang ada di prodi untuk terus meningkatkan kualitas. Selain prodi, Candra juga melakukan kerjasama dengan mahasiswa, stake holder dan pimpinan FDK UIN Refah, tujuannya agar pihak-pihak yang terkait mensupport peningkatan akreditasi di Prodi MD.

Keseriusan Prodi MD untuk meningkatkan akreditasi bisa dilihat dari perumusan visi dan misi, visi dan misi tidak ditentukan langsung oleh kaprodi, tapi dirumuskan melalui proses yang panjang, seperti dengan membuat Focus Group Discussion (FGD) dan memanggil pakar managemen dakwah.

Tiga Capaian

Ketika merumuskan visi dan misi, maka disusunlah tiga capaian yang hendak dijalankan Prodi MD. Pertama, ketika mahasiswa lulus dari Prodi MD, mereka harus memahami dakwah, baik sebagai praktisi maupun sebagai pengelola dakwah.

Kedua, mahasiswa yang lulus dari Prodi MD harapannya dapat mengerti dengan pengelolaan haji dan umroh, dari teori sampai praktek harus dikuasai mahasiswa dan mahasiswa harus bisa menjadi pembimbing haji yang profesional.

Ketiga, capaian yang hendak dituju Prodi MD adalah enterpreneur Islam, sesuai dengan amanah negara, bahwa perguruan tinggi harus membuat mahasiswanya mempunyai kemandirian ekonomi.

“Mahasiswa tidak hanya bekerja disebuah lembaga, tetapi bisa membuat suatu lapangan pekerjaan. Maka tiga hal inilah yang menjadi prioritas dari Prodi MD,” imbuhnya

Selain itu, untuk mencapai tiga capaian yang sudah dirumuskan, Prodi MD menuangkan tiga capaian tersebut dalam kurikulum pembelajaran mahasiswa. Selama belajar, mahasiswa diberikan mata kuliah yang berkaitan dengan dakwah, haji, umroh dan enterpreneur.

Misalnya haji dan entrepreneur, di mata kuliah Prodi MD mahasiswa diberikan ilmu tentang pergi haji, manasik haji, sistem pengelolaan haji, kewirausahaan, komunikasi bisnis islam, managemen keuangan, strategi dan studi kelayakan bisnis.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment