ArabicEnglishIndonesian
dakkom_uin@radenfatah.ac.id - Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri No. 01 KM. 3.5, Kel. Pahlawan, Kec. Kemuning, Palembang 30126

Bangkitkan Semangat Pemuda Dalam Menggapai Mimpi, HMPS BPI Gelar Webinar Internasional

Keterangan Gambar - Peserta dan Pemateri pada saat Pelaksanaan Webinar Internasional

Admin  Minggu, 18 Sep 2022 - 19:03:48 WIB | 417

Bangkitkan Semangat Pemuda Dalam Menggapai Mimpi, HMPS BPI Gelar Webinar Internasional

PALEMBANG - Himpunan Mahasiswa Program Sudi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang menggelar Webinar Internasional dengan tema "Eksistensi Pemuda Dalam Membangun Peradaban Dunia". Kegiatan ini dilakukan secara online melalui via zoom meeting, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh tiga narasumber yang diantaranya : Tabrani Sanjaya yaitu sebagai Mahasiswa Berprestasi BPI UIN Raden Fatah Palembang yang membahas tentang "Menggapai Mimpi Meraih Prestasi", Eliza Alfareza, S.Ag., C.MMI, C.P.S yaitu sebagai Candidate Masters Sakarya University Turkiye yang membahas tentang "Eksistensi Para Pemuda Dalam Membangun Peradaban Dunia", dan Izzah Zulfiana yaitu sebagai Mahasiswi Al-Azhar Cairo Mesir yang membahas tentang "Peranan Mahasiswa", serta dipandu oleh moderator Viola Delita selaku Mahasiswi BPI Angkatan 2021 UIN Raden Fatah Palembang. 

Dengan menghadirkan pembicara yang sangat luar biasa dalam webinar internasional ini, diharapkan mahasiswa/i ataupun kalangan umum yang terlibat dalam kegiatan ini, dapat meningkatkan pemahaman dan termotivasi untuk dapat terus eksis dalam membangun peradaban dunia dan tidak berhenti untuk berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa dan negara bahkan dunia, serta pemuda harus terus semangat untuk menggapai pendidikan setinggi mungkin, dan meraih prestasi yang baik, bahkan dapat meraih beasiswa di dalam negeri ataupun luar negeri. Dengan materi yang dibahas pada webinar ini, membuat para peserta yang hadir sangat berantusias dalam mengikuti webinar.

Webinar ini diikuti oleh kurang lebih 408 peserta, yang dihadiri oleh berbagai kalangan mahasiswa/i baik dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan universitas-universitas lainnya di Indonesia bahkan dari negara tetangga sekalipun yaitu Malaysia. 

Dalam kata sambutan Chandra Pratama selaku Ketua HMPS BPI, ia mengungkapkan bahwa pemuda harus dapat berperan dalam negeri ini, "Pemuda itu tak perlu baperan tapi kita harus berperan, karena pemuda hari ini adalah pemimpin dimasa yang akan mendatang," ucapnya saat memberi kata sambutan.

Selain itu, Chandra mengucapkan terima kasih kepada para peserta dari seluruh universitas-universitas di Indonesia, dan beberapa rekan mahasiswa dari negara Malaysia yang sudah berantusias dalam mengikuti webinar internasional yang telah HMPS BPI selenggarakan ini, "Kami segenap keluarga besar HMPS BPI sangat berbahagia dan bangga, karena melebihi ekspektasi kami yang awalnya webinar ini ditujukan untuk mahasiswa baru prodi BPI, tetapi alhamdulillah dari semua kalangan baik mahasiswa ataupun umum dari berbagai jurusan yang tak hanya jurusan BPI dari sabang sampai merauke, bahkan dari negara tetangga dapat hadir dalam webinar internasional ini".

Lanjutnya, Chandra berharap dengan adanya webinar internasional ini dapat memperkenalkan program studi BPI keseluruh kalangan umum, "Harapan kami sebagai mahasiswa BPI, bisa memperkenalkan apa itu BPI kepada masyarakat umum, karena yang diketahui selama ini ialah BK bukan BPI," jelasnya.

Sementara itu, Ibu Manah Rasmanah, M.Si selaku Kaprodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam menuturkan dalam kata sambutannya bahwa "Dengan menggelar beberapa event yang dilakukan oleh HMPS BPI yang sangat baik ini, dapat menumbuhkan suatu suasana akademik yang baik di kalangan mahasiswa, dan sangat membantu dalam pengembangan program studi BPI," tuturnya.

Lanjut Ibu Manah Rasmanah, M.Si menyampaikan bahwa, tema yang diambil sangat menarik untuk kalangan pemuda, dan perdananya webinar yang dilakukan dalam tingkat internasional ini, diharapkan nantinya HMPS BPI dapat menggelar webinar-webinar internasional lainnya,  "Webinar ini perdana untuk tingkat internasional dan tema yang diambil sangat relevan untuk membangkitkan kembali kesadaran para pemuda," ucapnya.

Webinar ini dibuka oleh Mam Manalullaili, S.Pd, M.Ed selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Pada kata sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang telah menyelenggarakan webinar ini, dan berharap  agar para peserta webinar ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari narasumber,  "Terima kasih khususnya kepada HMPS BPI yang telah menyediakan ruang zoom ini, dan webinar ini merupakan langkah awal untuk webinar-webinar yang berkualitas lainnya, dan harapan kami semoga ilmu yang diberikan oleh para narasumber dapat bermanfaat bagi para peserta webinar," ungkapnya.

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.20 WIB yang diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri, dan ditutup dengan ringkasan dan kesimpulan oleh moderator.

 Anggi Fitri Yani