ArabicEnglishIndonesian
dakkom_uin@radenfatah.ac.id - Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri No. 01 KM. 3.5, Kel. Pahlawan, Kec. Kemuning, Palembang 30126

Mahasiswa Prodi Jurnalistik Raih Juara 1 Lomba Presenter PIN 3 IAIN Bone

Keterangan Gambar - Bagas Saputra Mahasiswa prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang ikuti lomba presenter Nasional PIN 3 IAIN Bone.

Karerek, S.Sos., M.I.Kom  Rabu, 02 Agu 2023 - 11:06:24 WIB | 406

Mahasiswa Prodi Jurnalistik Raih Juara 1 Lomba Presenter PIN 3 IAIN Bone

PALEMBANG – Bagas Saputra, Mahasiswa Prodi Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (Rafah) Palembang berhasil meraih juara 1 lomba Presenter pada Pekan Ilmiah Nasional (PIN) 3 yang diadakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Bone.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 4 juli 2023 hingga 9 juli 2023 yang diadakan secara offline untuk cabang perlombaan lokal dan online untuk cabang perlombaan nasional.

Pada cabang lomba presenter dilakukan secara online, sehingga para peserta diwajibkan mengumpulkan sebuah video yang berisikan layaknya membawakan berita pada umumnya.

“Saya mendapatkan infomasi lomba ini dari salah satu dosen prodi jurnalistik yang mengirimkan junkis lomba tersebut di grup angkatan,” ungkapnya.

Bagas menjelaskan bahwa terdapat tema yang harus dibawakan pada perlombaan tersebut, yaitu tema Moderasi Beragama.

“Saya mengikuti cabang perlombaan presenter dan membawakan berita yang bertemakan Moderasi Beragama selama 5 menit,” jelasnya.
Terdapat beberapa kriteria penilaian pada cabang lomba presenter, yakni kesesuaian naskah, artikulasi, intonasi, ekspressi, kesopanan penampilan serta ketepatan pada penggalan kata.

“Pada awalnya saya ingin mencoba saja untuk ikut lomba ini, sehingga tidak menyangka jika mendapat juara pertama,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa untuk mengikuti lomba ini sudah ia persiapakan dengan matang sehingga usaha yang dikeluarkan tidak sia-sia dan berbuah manis.

“Saya mempersiapkan lomba ini dengan matang dan tidak memiliki ekspetasi apapun. Namun, siapa sangka kalau usaha saya menghasilkan hasil yang baik,” tambahnya.

Penulis: Mega Juliyanti – Mahasiswa Prodi Jurnalistik
Editor: Karerek, S.Sos., M.I.Kom