ArabicEnglishIndonesian
dakkom_uin@radenfatah.ac.id - Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri No. 01 KM. 3.5, Kel. Pahlawan, Kec. Kemuning, Palembang 30126

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Prodi BPI Laksnakan Focus Group Discussion

Keterangan Gambar - Penyerahan Sertifikat Kepada Narasumber Dr. Evia Darmawani, M.Pd., Kons.

Bela Janare Putra, M.Pd.  Sabtu, 04 Nov 2023 - 05:41:13 WIB | 141

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Prodi BPI Laksnakan Focus Group Discussion

PALEMBANG - Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), UIN Raden Fatah Palembang, melaksanakan Focus Group Disscussion (FGD) Penguatan Kompetensi Lulusan dalam Memasuki Dunia Kerja, dengan mendatangkan narasumber Dr. Evia Darmawani, M.Pd., Kons. Jumat, 03/11/2023.

Turut hadir Dekan FDK Dr. Achmad Syarifudin. Dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi sebelum nantinya mahasiswa dinyatakan lulus. Maka dari itu beliau berpesan kepada mahasiswa untuk dengan cermat dan khusuk dalam mengikuti kegiatan ini. 

Dr. Evia Darmawani, M.Pd., Kons. Dalam penyampaian materinya banyak mengulas terkait dengan apa yang menjadi tugas seorang penyuluh atau konselor. Sekaligus dalam kegiatan ini narasumber melibatkan secara langsung mahasiswa untuk berpraktik menerapkan layanan dalam bimbingan dan konseling. Sehingga pada kesempatan ini terlihat mahasiswa sangat antusias, terlebih dalam kegiatan ini turut hadir juga mahasiswa dari program studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Palembang. 

Selanjutnya di akhir sesi penyampaian materi Dr. Evia Darmawani, M.Pd., Kons. menyampaikan dan memberi penguatan yang positif kepada mahasiswa terkait peluang lulusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam di lapangan pekerjaan masih sangat amat dibutuhkan. Dengan catatan, beliau meminta kepada mahasiswa untuk selalu meningkatkan kompetensi atau skillnya. 

Selain itu, narasumber juga menyampaikan terkait tentang pentingnya seorang mahasiswa untuk mulai mem-branding dirinya melalui sosial media. Sehingga dapat lebih mudah menjual skill yang dimiliki, karena bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Melalui kegiatan FGD ini, maka diharapkan ke depannya, Prodi BPI dapat kembali memetakan peluang ataupun potensi lulusan. Sehingga selanjutnya Prodi juga akan menyiapkan dan memfasilitasi untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa agar memiliki kompetensi yang cukup dalam menghadapi era digital dan tantangan dalam dunia pekerjaan.