ArabicEnglishIndonesian
dakkom_uin@radenfatah.ac.id - Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri No. 01 KM. 3.5, Kel. Pahlawan, Kec. Kemuning, Palembang 30126

FDK UIN RAFAH  GELAR RAKER DENGAN MENGUSUNG TEMA PENINGKATAN PENGELOLAAN JURNAL TERAKREDITASI

Keterangan Gambar - Dokumentasi Kegiatan

Admin  Senin, 09 Mei 2024 - 09:38:59 WIB | 22

FDK UIN RAFAH GELAR RAKER DENGAN MENGUSUNG TEMA PENINGKATAN PENGELOLAAN JURNAL TERAKREDITASI

Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar rapat kerja (raker) dengan tema "Pengelolaan Jurnal Terakreditasi pada Program Studi" . Acara yang digelar di Lampung  ini diselenggarakans selama 2 hari dari tanggal 7-8 Mei 2024 dengan dihadiri  dekan, wakil  dekan, para pemanku jabatan, dosen, serta staf administrasi.

Rangkaian kegiatan Raker ini diawali dengan kunjungan ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Intan Lampung untuk memperkuat kolaborasi dalam hal penelitian khususnya dalam penulisan artikel ilmiah sesuai dengan tema yang diusung yaitu Peningkatan Pengelolaan Jurnal Terakreditasi.




Dalam sambutannya, Dr. Achmad Syarifuddin, M.A., Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, menyampaikan pentingnya raker sebagai ajang untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi di antara seluruh elemen fakultas. "Raker ini menjadi momentum bagi kita untuk bersama-sama mengidentifikasi potensi, mengatasi tantangan, dan merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di fakultas ini," ujarnya.

Raker ini juga menjadi wadah untuk merumuskan langkah-langkah strategis ke depan, termasuk penerapan teknologi dalam proses pengelolaan jurnal, peningkatan kualitas review, dan pengembangan jaringan kerjasama antarjurnal.

Diskusi-diskusi strategis digelar sepanjang sesi raker, mencakup berbagai aspek mulai dari pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, hingga pengembangan riset dan publikasi ilmiah. Para dosen dan staf fakultas turut berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif dalam upaya mencapai ekselen akademik.


Salah satu sorotan utama dalam raker ini adalah tentang peningkatan pengelolaan jurnal terakreditasi, salah satunya yaitu dengan mengundang narasumber Kushendar, M.Pd. yang sangat berkompeten dan memmiliki banyak pengalaman dalam hal pengelolaan jurnal.




Kushendar banyak memberikan trik-trik dan langkah-langkah yang harus dilakukan agar jurnal dapat naik levelnya yaitu salah satunya dengan membangun jejaring dan saling support antar jurnal agar bisa saling sitasi. 


Lebih lanjut dia menjelaskan “dalam hal penulisan abstrak harus memilki komponen latar belakang, tujuan, metode, instrumen pendukung dan hasil penelitian dan tidak membuat kata kunci yang berlebihan atau  yang biasa disebut keyword stuffing.


Menyikapi hasi raker ini, FDK berkomitmen untuk menerapkan langkah-langkah strategis yang telah dirumuskan guna meningkatkan ekselen akademik fakultas. “dengan sinergi dan kolaborasi yang kuat, kami percaya Fakultas Dakwah dan Komunikasi akan semakin berkembang dan berkontribusi secara signifikan khusunya dalam pengelolaan jurnal,"  ujar Dekan  dalam  penutupan acara. Elly Rahmayanti (humas)